Tips Menyimpan Persediaan Barang di Gudang

 

Setiap perusahaan memiliki persediaan barang dengan jumlah yang besar. Persediaan barang ini disimpan dalam sebuah gudang di mana nantinya barang akan didistribusikan kepada pelanggan sesuai dengan pemesanan. Penyimpanan barang logistik perusahaan harus dilakukan secara teratur dan rapi sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Pengaturan barang yang baik menjadikan barang mudah untuk ditemukan setiap akan dilakukan distribusi. Proses pengambilan barang yang cepat dapat menghemat waktu dan tenaga.


Ada ribuan bahkan lebih barang tersimpan di dalam gudang perusahaan. Oleh karena itu dibutuhkan metode penyimpanan yang tepat agar pekerja dapat menemukan barang yang dicari dengan cepat dan bekerja secara efisien. Sistem yang mengatur pengelolaan barang di gudang ini disebut manajemen pergudangan.

Bagaimanakah Cara Penyimpanan Barang yang Baik?
Penyimpanan barang di gudang yang baik harus dilakukan secara teratur. Ada berbagai metode penyimpanan barang yaitu disusun sesuai kelompoknya, misalnya berdasarkan ukuran barang, alamat penempatan barang, kode barang, dan lain-lain. Barang logistik ini dapat dikemas ke dalam pallet dan disusun dengan rapi. Penggunaan pallet akan mempermudah barang untuk diambil atau dipindahkan.

Untuk itu, kali ini Primapallet selaku penjual 
pallet plastik Jakarta terkemuka  akan memberikan sedikit tips bagi Anda terkait beberapa cara pengaturan barang yang tepat dengan penggunaan pallet, yaitu :

Block stacking
Pengaturan barang dilakukan dengan menumpuk pallet secara vertikal membentuk sebuah blok. Pallet ditumpuk hingga ketinggian tertentu dengan memperhatikan beratnya. Hal ini menghemat ruangan dan tidak memerlukan rak.

Stacking frame
Pallet dibingkai dengan tonggak-tonggak dan ditumpuk hingga ketinggian tertentu. Barang dalam pallet tidak harus ditumpuk di atas satu sama lain sehingga dapat dengan mudah diambil tanpa harus mengangkat barang di atasnya.

Pallet Rack
Barang-barang disusun dalam pallet kemudian ditumpuk dan disimpan dalam rak. Apabila ada pallet yang diambil dari rak maka tempat kosong tersebut dapat diisi dengan pallet yang baru. Ada dua jenis pallet rack, yaitu single-deep pallet rack dan double-deep pallet rack. Perbedaannya adalah single-deep pallet rack hanya menyimpan 1 rak dalam 1 baris, sementara double-deep pallet rack menyimpan 2 rak dalam 1 baris. Perlu diperhatikan untuk pallet plastik racking.

Drive-In Rack
Drive-in rack menyediakan tempat penumpukan pallet hingga 5-10 baris. Pallet ini dapat dipindah-pindahkan dengan menggunakan forklift.

Push-Back Rack
Pallet ditumpuk secara berurutan dan diletakkan di atas sebuah rel yang bisa digerakkan. Ketika sebuah pallet dimasukkan ke dalam rak maka pallet yang sudah ada di dalamnya akan terdorong ke dalam. Selain itu ketika sebuah pallet diambil maka pallet di dalamnya akan menggantikan tempat pallet yang diambil.

Berbagai cara penyimpanan barang menggunakan pallet ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan tiap-tiap perusahaan.untuk mendapatkan Pallet yang berkualitas,  Anda dapat membelinya di Primapallet yang jual palet plastic terbaik  yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan barang logistik Anda di gudang demi menjaga efektifas pendistribusian produk. baca juga Cara mudah mengamankan stock barang di gudang. Baca juga harga pallet plastik.
Tips Menyimpan Persediaan Barang di Gudang 4.5 5 Belajar Internet Marketing Setiap perusahaan memiliki persediaan barang dengan jumlah yang besar. Persediaan barang ini disimpan dalam sebuah gudang di mana nantinya...