Mengapa Pallet Plastik Lebih Banyak Dipilih?

 

Pallet merupakan alas atau tatakan beban barang yang berfungsi untuk menahan beban berat yang akan disimpan atau didistribusikan ekspor impor keberbagai manca negara dan juga pallet berfungsi mempermudah perpindahan barang dengan ukuran yang besar maupun berat

Mengapa Pallet Plastik Lebih Banyak Dipilih?


Jenis pallet bermacam-macam, pallet dengan bahan kayu adalah pallet yang umum digunakan industri manufaktur dan logistik. Selain murah, dapat digunakan kembali dan diperbaiki merupakan bahan yang umum saat ini. Sayangnya, palet dengan bahan kayu cenderung berat dan mudah patah, sehingga perlu dilakukan perbaikan secara teratur. Pallet berbahan kayu juga sulit dibersihkan karena permukaannya tidak teratur dan memiliki risiko tinggi kutu dan kontaminasi saat lembab.

Dalam beberapa tahun terakhir, pallet mulai bertransformasi dari pallet berbahan kayu, mulai  dibuat dari beragam bahan, termasuk plastik, logam, dan bahkan kardus. Palet plastik adalah alternatif yang paling mulai banyak digunakan saat ini dan mempunyai beberapa kelebihan yang akan kami sebutkan di bawah ini :

1. Tahan lama
Pallet berbahan plastik lebih tahan lama dan banting dibandingkan pallet berbahan kayu ketika digunakan pada saat pengiriman yang terus menerus. Pallet plastik ini sangat ideal untuk mengangkut barang berat selama pengiriman dan dipindahkan melalui forklift dilingkungan pergudang dan juga pallet plastik juga lebih tahan cuaca saat pengiriman dibandingkan pallet kayu.

2. Hemat biaya

Pallet plastik mempunyai berat lebih ringan dari pallet kayu sehingga  tarif angkut lebih rendah saat pengiriman melalui darat, laut atau udara. Selain itu, pallet kayu lebih mudah dalam penumpukan dan lebih stabil karena mempunyai kaki yang dapat ditumpuk pada pallet lainnya sehingga lebih memudahkan dalam penyimpanan di gudang sehingga lebih hemat tempat.

Biasanya pallet plastik memiliki biaya awal yang lebih tinggi, tetapi biaya per perjalanan palet plastik sering jauh lebih rendah karena lebih ringan dan perkembangan pallet berbahan plastik terus berkembang sehingga pallet plastik akan lebih ringan dan kuat nantinya.

3. Higienis

Pallet plastik tidak menyerap uap air tidak seperti pallet kayu yang menyerap air sehingga ada kemungkinan bahan menjadi busuk atau rapuh. Pallet plastik dibuat dalam satu bagian padat tanpa sambungan sehingga lebih mudah dibersihkan saat akan digunakan kembali. Pallet plastik sangat cocok untuk industri dengan persyaratan peraturan dan kebersihan seperti farmasi dan makanan dan minuman.

4. Ramah lingkungan

Pallet plastik saat ini lebih ramah lingkungan dibandingkan palet kayu karena pallet plastik menggunakan plastik daur ulang sehingga tidak akan menjadi limbah. Sedangkan pallet kayu saat ini mulai ditinggalkan karena selain bahan baku kayu semakin susah dan mahal dan selain itu tidak merusak lingkungan dengan menebang pohon sebagai bahan baku.

5. Aman untuk semua orang
Pallet plastik tidak memiliki titik-titik lemah tidak seperti kayu karena dibuat dalam bentuk solid. Dengan begitu, pallet plastik mempunyai risiko kecil kegagalan karena beban berat. Pallet plastik menghilangkan paku, serpihan, dan papan yang rusak. Ini berarti bahwa barang berharga Anda lebih kecil kemungkinannya rusak dan karyawan Anda memiliki lingkungan kerja yang lebih aman.


6. Banyak Pilihan
Tipe pallet plastik baru beraneka ragam, pallet plastik bekas pun bisa menjadi laternatif baru. Ukuran pallet plastik bekas beraneka ragam sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Meskipun pallet plastik menawarkan banyak kemudahan dan manfaat dibandingkan pallet kayu, tetapi pilihan juga tergantung keperluan, bila pallet digunakan untuk mengirimkan ke luar negeri dengan kemungkinan pengembalian yang rendah, maka pallet kayu dengan biaya ringan dan terendah akan lebih ideal. Namun, jika pallet digunakan kembali untuk beberapa kali perjalanan ke tujuan yang sama, alternatif pallet plastik yang tahan lama adalah pilihan yang lebih ekonomis.

Bila bisnis Anda memerlukan berbagai pallet dengan berbagai ukuran kegunaan untuk menunjang bisnis pengiriman barang Anda dengan aman, pallet plastik baru, pallet plastik bekas, Anda dapat menghubungi distributor pallet plastik.
Mengapa Pallet Plastik Lebih Banyak Dipilih? 4.5 5 Belajar Internet Marketing Pallet merupakan alas atau tatakan beban barang yang berfungsi untuk menahan beban berat yang akan disimpan atau didistribusikan ekspor impo...